You are here

  • 7 August 2014

    BALIKPAPAN - Momen Lebaran bukan berarti mengendurkan pelayanan hotel berbintang di Kota Minyak. Sebab Balikpapan biasa menjadi tujuan wisata saat Idulfitri. Peluang itu dimanfaatkan sejumlah hotel untuk melayani para turis asing, luar daerah maupun lokal.

    Empat hotel ternama di Balikpapan mengaku tidak melonggarkan kualitas pelayanannya. Seperti Hotel Novotel Balikpapan, Grand Jatra Hotel, Aston Balikpapan Hotel, dan Swiss Belhotel Balikpapan telah mempersiapkan pelayanan maksimal guna menjangkau setiap turis yang datang.

    “Untuk pegawai operasional kami tetap mengikuti jadwal seperti biasanya, namun pada Lebaran ini kami menggunakan jam kerja giliran. Misalnya pegawai yang bekerja hari ini besok bisa libur,” ujar Manager on Duty (MOD) Grand Jatra Balikpapan, Mariyanus Heri.

    Pada 28 Juli, untuk Grand Jatra yang menyediakan 215 kamar telah terisi dan di-reservasi 150 kamar, untuk Aston dari 189 kamar terisi 168 kamar, dan Novotel dari 198 kamar telah terisi 170 kamar. Begitu pula Swiss Belhotel Balikpapan dari 163 kamar yang terisi 91 kamar.

    MOD Aston Balikpapan Hotel, James Watt Daeli, memprediksi jumlah pengunjung yang menginap di hotel akan terus meningkat, mengingat cuti bersama Lebaran masih berlangsung hingga Minggu (3/8). Tapi ada beberapa perusahaan yang sudah kembali masuk kerja pada Rabu (30/7).

    Meski demikian, lanjutnya, tak akan memengaruhi prediksi pihaknya bahwa jumlah wisatawan yang menginap di hotel di Kota Minyak meningkat. Dengan strategi yang berbeda, hotel-hotel tersebut tetap berusaha melayani sebanyak-banyaknya pendatang di kota ini.

    “Aston memanfaatkan penghitungan melalui account online, untuk dapat memprediksi length of stay dan jumlah tamu dalam tiga hari,” jelas James.

    Sementara itu, MOD Swiss Belhotel Balikpapan, Rambu Kareri mengatakan sebagai hotel yang terhitung baru beroperasi setahun ini, pihaknya siap menerima tamu sebanyak-banyaknya pada Lebaran tahun ini. “Kami mendukung perkembangan wisata di Balikpapan,” katanya.

    Wisatawan lokal yang memilih liburan di Balikpapan setelah Lebaran, biasanya berasal dari Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser Utara. (*/nel/rom/k14)

    sumber berita: http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/87696-libur-lebaran-hunian-hot...