You are here

Pages

  • 12 August 2014

    Bukan rahasia lagi jika Jakarta telah menjadi hotspot investasi regional dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun ketika Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, hal ini juga ikut memengaruhi pasar properti di luar kawasan ibukota.

    Pemimpin portal properti Lamudi telah melakukan pengamatan pada sejumlah wilayah yang ternyata memiliki pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia, yakni sekitar 6-7%. Beberapa daerah berkembang yang sedang ramai diperbincangkan, Balikpapan dan Manado, menawarkan peluang menarik bagi para investor yang ingin melakukan diversifikasi terhadap investasinya. Balikpapan merupakan sentra penghasil mineral tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga beberapa kawasan Asia. Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Balikpapan, dari 2011-2012 populasi kota tumbuh sebesar 4,5% dan dua pertiga jumlahnya berasal dari imigrasi penduduk. Tidak hanya itu, Kota Balikpapan juga mencatat pertumbuhan tahunan lebih dari 10% pada tahun 2012. Nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan rata-rata di Indonesia. Karenanya, Balikpapan dipandang sebagai salah satu daerah dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

    Managing Director Lamudi, Karan Khetan mengatakan, semua orang tahu tentang kemacetan jalanan dan berbagai keruwetan yang ditemukan di Jakarta. Melihat Balikpapan, kita lihat adanya potensi ekonomi fundamental yang kuat.

    “Andaikan saya seorang investor, saya akan menaruh investasi saya di sana!” kata Karan.

    Selain Balikpapan, daerah lain yang makin terkenal adalah Manado. Meski tidak memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi setinggi Balikpapan, namun pertumbuhannya masih lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional wilayah lain di Indonesia.

    Laut biru yang tenang di Manado menjadi daya tarik bagi wisatawan, selain sektor perikanan. Pada tahun 2011 dan 2012 terlihat adanya pertumbuhan 70% untuk perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.
    Dengan lahan yang terbatas dan pengadaan sumber daya yang agak sulit, pasokan akan cenderung terbatas di sana. Namun pertumbuhan tingkat kekayaan dari penduduk lokal itulah yang akan mendorong permintaan akan properti.

    Editor: Sekar Ayu

    source: http://www.marketing.co.id/2-kawasan-investasi-properti-utama-di-luar-ja...